FGD Penguatan Kinerja Dan Akuntabilitas Pascasarjana IAIN KEDIRI Sebagai Solusi Permasalahan LED

Rabu, 3 Februari 2024 Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri telah menyelenggarakan kegiatan FGD Penguatan Kinerja Dan Akuntabilitas. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang diselenggarakan oleh Pascasarjana IAIN Kediri. Kegiatan rutin ini diikuti oleh seluruh pimpinan, Kaprodi dan juga para staff Pascasarjana secara daring melalui aplikasi Zoom dan offline di Aula Pascasarjana IAIN Kediri.  Sambutan sekaligus pembuka acara oleh Prof. Dr. H. Asror Yusuf, M.Ag garis besarnya adalah Direktur menyampaikan mengenai kelengkapan dokumen yang harus dilengkapi untuk segera diseleseikan karena amat penting untuk menunjang akreditasi prodi di pascasarjana IAIN Kediri.

 

Kegiatan ini dinarasumberi oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag dengan tema “Tata Kelola Perguruan Tinggi”. Beliau menjelaskan rencana strategis diktis dalam kurun waktu 5 tahun kedepan. Yang terpenting dari peningkatan kinerja lembaga yaitu proses dokumentasi adalah proses pengumpulan, pemilihan, pengolahan, dan penyimpanan informasi dalam bidang pengetahuan. Sedangkan Dokumentasi sistem mutu adalah Proses pengumpulan, pemilihan, pengolahan, dan penyimpanan informasi yang berhubungan dengan sistem mutu.

 

Prof. Akhyak menjelaskan dengan detail terkait prinsip umum dalam pengisian dalam LED yaitu What to write, adalah informasi dan/atau data yang harus diisikan dalam LED, baik data kuantitatif (seperti jumlah program studi, jumlah  dosen,  jumlah  mahasiswa,  jumlah  penelitian,  jumlah pengabdian kepada masyarakat, dan jumlah publikasi), maupun data kualitatif (seperti kebijakan, sosialisasi kebijakan, visi kelembagaan, visi keilmuan, evaluasi terhadap kinerja Program Studi, dan program pengembangan Program Studi). Kemudian How to write, adalah bagaimana informasi dan/atau data tersebut diisikan ke dalam LED sehingga informasi dan data tersebut dadpat dengan mudah dipahami oleh asesor. LED yang demikian memiliki tingkat keterbacaan (readability) yang baik.

 

Kegiatan ini sebagai upaya untuk memenuhi kelengkapan dokumen yang akan diunggah dalam proses akreditasi antara Lain; Laporan Evaluasi Diri (LED) dalam format .doc dan .pdf, File Excel Data kuantitatif, dokumen pendukung, surat pengantar dari pimpinan perguruan tinggi, SK izin penyelenggaraan program studi, surat pernyataan kebenaran data, surat tugas tim akreditasi, cakupan dari dokumentasi sistem mutu suatu lembaga antara lain kebijakan mutu dan objektifnya, panduan mutu, prosedur instruksi kerja, form rencana mutu, spesifikasi, dokumen eksternal, dan juga rekaman.

 

Pada pengujung acara suasana sangatlah interaktif, seluruh peserta sangat bersemangat pada sesi tanya jawab. Alhasil beberapa permasalahan terkait LED sudah mulai tercerahkan dan mulai menemukan beberapa solusi secara bertahap. Setelah dirasa cukup kegiatan ini memasuki sesi do’a yang dipimpin oleh Dr. Ilham Mashuri, M.H selaku Kassubag Pascasarjana, kemudian acara diakhiri dengan penutupan dan foto bersama. (RFA)

About author