Pendidikan Agama Islam (PAI)

Visi dan Misi Program Studi

Visi

Unggul dalam pengembangan kajian ilmu Pendidikan Agama Islam kontekstual tahun 2025.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran secara profesional dalam pendidikan Agama Islam kontekstual.

2. Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan Agama Islam kontekstual.

3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam pendidikan formal dan non formal dengan Pendidikan Agama Islam kontekstual.

4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka peningkatan dan pengembangan mutu Pendidikan Agama Islam dan mutu kelembagaan.

Tujuan

1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran secara profesional dalam pendidikan Agama Islam kontekstual.

2. Terealisirnya penelitian di bidang pendidikan Agama Islam kontekstual.

3. Terlaksananya pengabdian masyarakat dalam pendidikan formal dan non formal dengan Pendidikan Agama Islam kontekstual.

4. Terwujudnya kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka peningkatan dan pengembangan mutu Pendidikan Agama Islam dan mutu kelembagaan.

Sasaran dan Strategi

Sasaran yang ingin dicapai oleh prodi magister PAI STAIN Kediri dapat diklaifikasikan ke arah berikut ini:

Bagi Mahasiswa

1. Mahasiswa mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam bidang Pendidikan Agama Islam Kontekstual serta mempraktekkannya secara profesionalnya melalui riset, sehingga dapat menghasilkan karya inovatif dan teruji.

2. Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam bidang Pendidikan Agama Islam Kontekstual melalui pendekatan inter atau multidisipliner.

3. Mahasiswa mampu mengelola riset dan pengembangan dalam bidang Pendidikan Islam Kontekstual yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Bagi Dosen

1. Dosen dapat melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kontekstual secara optimal dengan menggunakan fasilitas pembelajaran yang ada.

2. Dosen dapat melaksanakan penelitian mengenai Pendidikan Agama Islam Kontekstual dengan pendekatan inter dan atau multidisipliner.

3. Dosen dapat melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Agama Islam Kontekstual.

Bagi Tenaga Kependidikan

Tenaga kependidikan mampu memberikan pelayanan administrasi secara prima, efektif, efisien dan profesional kepada mahasiswa dan dosen serta stake holders yang membutuhkan informasi atau kerjasama dengan Prodi PAI.

Bagi Instansi Lain dan Pengguna Lulusan

Kerjasama yang dilakukan oleh Program studi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan instansi lain melalui berbagai bentuk kegiatan yang saling menguntungkan. Begitu pula kerjasama antara Program studi dan pengguna lulusan, misalnya dalam penyerapan alumni dan perbaikan kurikulum.

Bagi Masyarakat Luas

Program studi Magister PAI STAIN Kediri memberi peluang kepada warga masyarakat yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 serta para penyelenggara lembaga non formal dan informal untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas keilmuannya.

Bagi warga masyarakat di Kediri dan sekitarnya, keberadaan Prodi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Kediri dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan dan unsur-unsur pendidikan lainnya, akademisi, pengasuh/ustadz pesantren, guru-guru, serta penyelenggara lembaga pendidikan non formal lainnya.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama

Kompetensi utama lulusan Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Kediri adalah: Menjadi tenaga ahli pendidikan Agama Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan dan berpengalaman luas dan mampu mengembangkan teori-teori Pendidikan Agama Islam kontekstual.

Kompetensi Pendukung

kompetensi pendukung lulusan Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Kediri adalah: Menjadi dosen atau guru bina (master teacher) pendidikan Agama Islam tingkat diploma dan sarjana, berintegritas, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidang pendidikan Agama Islam..

Kompetensi Lain

Kompetensi lainnya bagi lulusan Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Kediri adalah:

1. Menjadi tenaga konsultan pendidikan Agama Islam yang mampu memberikan pendampingan dan pembinaan pengembangan.

2. Menjadi pengelola dan pengembang lembaga pendidikan Islam baik formal maupun non formal.

Profil Lulusan

Profil Utama

Menjadi dosen Pendidikan Agama Islam Kontekstual.

Profil Tambahan

1. Menjadi guru pendidikan Agama Islam di tingkat dasar dan menengah.

2. Menjadi tenaga konsultan pendidikan Agama Islam.

Sebaran Matakuliah

SmtKode MKNama Mata Kuliah (1) Bobot sks
-1-2-3-4
IPID 101Studi al-Qur’an2
PID 102Studi Hadits2
PII 101Bahasa Arab2
PII 102Bahasa Inggris2
PII 103Filsafat Ilmu2
PII 104Metodologi Penelitian PAI2
PII 105Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah (BPKI)0
IIPID 203Sejarah Perkembangan Pemikiran Islam2
PII 20 6Metodologi Penelitian2
PIK 20 1Sejarah Pendidikan Islam3
PIK 20 2Manajemen Pembelajaran PAI3
PIK 20 3Materi PAI Kontekstual3
PIK 20 4Pengembangan Kurikulum PAI3
PIP 201Problematika PAI2
PIP 202Pengembangan Lembaga PAI2
IIIPIK 30 5Evaluasi PAI3
PIK 30 6Teknologi Pembelajaran PAI3
PII 30 7Proposal Tesis0
PIP 301Psikologi Pembelajaran PAI2
PIP 302Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia2
PIP 303Implementasi PAI Integralistik di Pesantren2
PIP 304Implementasi PAI Integralistik di Sekolah dan Madrasah2
IVPII 40 8Tesis6
Total SKS46

Jurnal dan Prosiding

Pendidikan Agama Islam

JenisNama JurnalLink
ProsidingProsiding Nasional: Moderasi Keberagaman Ormas Islam di Indonesia
Vol 1 No 1 (2018)
http://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana
JurnalDidaktika Religia: Jurnal Postgraduate Program of State Islamic Institute (IAIN) Kedirihttp://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/didaktika
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Jurnal El-Harakat
http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/infopub
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan
http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Indonesian Journal
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Jurnal Pendidikan Islam
http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpi
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman
http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/epis/index
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Cakrawala Pendidikanhttps://journal.uny.ac.id/index.php/cp
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Jurnal Pendidikan Islam (JPI)

http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPI
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam
http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP)
https://www.neliti.com/journals/jurnal-ilmu-pendidikan-universitas-negeri-malang
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Journal of Education and Learning
http://journal.uad.ac.id/index.php/EduLearn
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Heritage of Nusantara
https://jurnallektur.kemenag.go.id/index.php/heritage
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Indonesian Journal of Applied
Linguistics
http://ejournal.upi.edu/index.php/IJAL
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Al-Jami’ah
http://aljamiah.or.id/index.php/AJIS
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Studia Islamika
http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/studia-islamika
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Journal of Indonesian Islam

http://jiis.uinsby.ac.id/index.php/JIIs
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI International Journal on
Advanced Science, Engineering
and Information Technology
(IJASEIT)
http://ijaseit.insightsociety.org/
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Proceeding International Conference on Teacher Training and Education (ICTTE)
https://www.atlantis-press.com/proceedings/ictte-18/preface
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI International Conference on Education and Teacher Development: Revitalization Of Educational Institutions and Education Stakeholders Towards ASEAN Economic Community
https://www.atlantis-press.com/proceedings/icieve-15/articles
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI PROSIDING SEMINAR NASIONAL PERAN PENGASUHAN ANAK RAUDHATUL ATFAL DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/conference/index.php/iciece/iciece1
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Prosiding Seminar Internasional Pascasarjana: Islam and Trans-Cultural in Education
http://jurnal.unbari.ac.id/index.php/karya-ilmiah/sri-marmoah/136-prosiding-seminar-internasional-pascasarjana-islam-and-trans-cultural-in-education/347-model-pembelajaran-take-give-dalam-ketrampilan-berbicara-untuk-pembelajar-bahasa-indonesia-bagi-penutur-asing-bipa-di-maroko
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Proceeding 1st International Conference on Islamic Civilization and Society
http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/index
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI International Seminar: literacy Awareness in Shaping Citizen Character
http://unisda.ac.id/?agenda=international-seminar-and-call-for-paper
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Prosiding Seminar Nasional :Kupas Tuntas Kurikulum 2013
http://docplayer.info/69885918-Prosiding-seminar-nasional-kupas-tuntas-kurikulum-2013.html
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Islam: Peran Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter Bangsa
http://digitallibrary.iainpekalongan.ac.id/index.php?p=show_detail&id=562
Jurnal Terakreditasi Dikti/LIPI Prosiding: Halaqoh Nasional dan Seminar Internasional Pendidikan Islam
https://anzdoc.com/prosiding-halaqoh-nasional-seminar-internasional-pendidikan-320e4e7465d06be3c71bb70f0caa86da21989.html
Jurnal InternasionalInternational Journal of Language & Linguistics
ISSN 2374-8850 (Print), 2374-8869 (Online)
http://www.ijllnet.com/
Jurnal InternasionalJournal of Language and Linguistic Studies ISSN 1305-578X (Online)https://www.jlls.org/index.php/jlls/index
Jurnal InternasionalInternational Journal of Language Studies
A Quarterly Journal of Applied Linguistics
ISSN: 2157-4898 | eISSN: 2157-4901
http://www.ijls.net/
Jurnal InternasionalIJAL (Indonesian Journal of Applied Linguistics)
e-ISSN: 2502-6747 p-ISSN: 2502-6747
http://ejournal.upi.edu/index.php/IJAL
Jurnal InternasionalTEFLIN Journal
e-ISSN: 2356-2641 p-ISSN: 2356-2641
http://journal.teflin.org/index.php/journal
Jurnal InternasionalJournal of Arabic and Islamic Studies – ISSN: 0806-198Xhttps://www.lancaster.ac.uk/jais/
Jurnal InternasionalMetalingua e-ISSN: 2580-2143 p-ISSN: 1693-685Xhttp://metalingua.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/metalingua
ProsidingPROSIDING KONFERERENSI NASIONAL BAHASA ARAB I NO 1 (2015)
“Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia”
http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/issue/view/1
ProsidingPROSIDING KONFERERENSI NASIONAL BAHASA ARAB II NO 2 (2016)
“Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia”
http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/issue/view/2
ProsidingPROSIDING KONFERERENSI NASIONAL BAHASA ARAB III NO 3 (2017)
“Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia”
http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/issue/view/3
ProsidingPROSIDING KONFERENSI NASIONAL BAHASA ARAB IV
NO 4 (2018)
http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/issue/view/1
ProsidingProsiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arabhttp://prosiding.imla.or.id/index.php/pinba/issue/view/11
ProsidingProsiding Nasional: Moderasi Keberagaman Ormas Islam di Indonesia
Vol 1 No 1 (2018)
http://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana
ProsidingProceedings of the International Conference on Islamic Eduacation (ICIED)  Vol 2 No 1 (2017)http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/issue/view/3

Kegiatan Akademik

Dokumentasi Kegiatan Program Studi